PCNU Kencong

Referensi NU Kencong

Lagi, Ansor Cabang Kencong Gelar Pelatihan Kerja, Kali Ini Las Listrik

2 min read

Penyerahan ID Card dan ATK peserta oleh Sutrisno, kepala UPT BLK Jember

Sesi foto peserta, pengurus Ansor, instruktur BLK Jember dan pengurus LSN Nusantara setelah acara pembukaan

PCNUKENCONG.ID-Setelah dua kali sukses menggelar pelatihan, kali ini Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kencong mengadakan pelatihan lagi. Saat ini organisasi pemudanya NU ini melakukan pelatihan las listrik.

Pelatihan tersebut adalah realisasi dari komunikasi PC GP Ansor Kencong dengan Unit Pelaksana Tugas (UPT) Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Jember yang sudah dibangun sejak lama.

Kegiatan yang akan dilaksanakan selama dua puluh hari tersebut hanya diperuntukan 16 orang peserta saja. Secara simbolis, pelatihan telah dibuka pada Rabu (11/08/21) siang di aula kantor Pengurus Cabang Nahdlaul Ulama (PCNU) Kencong.

Selain dihadiri pengurus PC GP Ansor Kencong acara tersebut juga dihadiri kepala UPT BLK Kabupatgen Jember dan Ketua Laskar Sholawat Nusantara (LSN) sebagai rekanan suksesi acara tersebut.;

Sebelumnya, pelatihan wirausaha di bidang desain grafis dan multimedia bekerja sama dengan Pusat Study Sosial untuk Kesejahteraan dan Pembedayaan Masyarakat (PUSAKA) Kabupaten Jember dan Nur Yasin Center ahir November tahun lalu. Kemudian Pelatihan Basic Office bekerjasama dengan UPT BLK Kabupaten Jember.

Ketua PC GP Ansor Kencong Agus Nur Yasin, dalam sambutanya meminta agar peserta bersungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan, karena menurutnya keterampilan las listrik adalah salah satu pelatihan yang paling dibutuhkan di masyarakat.

“Sahabat-sahabat harus serius dalam mengikuti pelatihan ini, pasti berguna, pasti bermanfaat,” katanya.

Agus juga menambahkan, dengan memiliki keterampilan kerja, akan meningkatkan kapasitas diri, bisa menciptkan lapangan kerja, dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Ansor dan Banser itu harus terampil, mandiri dan yang lebih utama bisa bermanfaat untuk masayarakiat sekitar,” sambung Agus.

Hal serupa juga disampaikan Sutrisno, S.Pd., MM Kepala UPT BLK Jember. Dia menuturkan, bahwa pelatihan las listrik adalah salah satu dari program unggulan lembaga yang dipimpinya. Pasalnya, saat ini tenaga las sangat banyak dibutuhkan, baik di perusahaan kecil, perusahaan nasional maupun perusahaan internasional.

Meskipun pelatihan ini tingkat dasar, lanjut Sutrisno, tetapi bersertifkat, dapat digunakan untuk melamar di perusahaan besar. “Dapat dipertimbangkan, oleh peusahaan karena ini sertifikat resmi dari pemerintah,” ungkapnya.

Masih menurut Sutrisno, keterampilan las tersebut tidak hanya dapat digunakan untuk berkerja di perusahaan, jika serius dan terampil peserta juga bisa membuka usaha sendiri, dan hasilnya bisa mengalahkan pegawai negeri. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow me