PCNU Kencong

Referensi NU Kencong

Angkringan Alex Terima Modal Usaha dari LAZISNU dan UPZIS Inaifas

2 min read

Alex, pengusaha angkringan saat serah Terima bantuan modal dari LAZISNU dan UPZIS Inaifas Kencong

Pengurus LAZISNU dan UPZIS Inaifas saat serah terima bantuan modal usaha kepada Alex pengusaha angkringan.

PCNUKENCONG.ID – Pengurus Cabang Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh (LAZISNU) Kencong dan Unit Pengumpul Zakat Infaq dan Shodaqoh (UPZIS) Inaifas Kencong memberikan bantuan berupa modal usaha kepada UMKM di Kencong, Jember, Rabu (21/07/21) malam.

Bantuan tersebut bertajuk Bantuan Ekonomi Produktif. Kali ini bantuan tersebut diberikan kepada Alex Nur Adi Wibowo pengusaha kopi dan jajanan ringan di tempat usahanya.

Alex sapaan akrabnya, membuka usaha Angkringan Cak Alex di jalan raya arah tanggul. Tepatnya di tempat perdagangan sepedah motor Kencong. Dengan gerobak dorong dan tikar ala kadarnya, dia membuka usaha pada malam hari. Siang hari dia gunakan istirahat dan kuliah.

Alex adalah mahasiswa semester lima Ekonomi Syariah di Inaifas Kencong. Dia membuka usahanya sejak setahun terahir, dimulai semester tiga, hal tersebut dilakukan untuk memenuhi biaya kuliah dan kehidupan sehari-hari.

Dia mengaku nyaman dengan usaha barunya. Sebelumnya dia harus pontang-panting melakoni perannya kerja sebagai pelayanan di warung bakso, pertukangan, bahkan sampai kerja di luar kota.

Hal itu dia lakoni sambil kuliah, sehingga cukup menyita waktu dan tenaganya.

“Saya membuka angkringan ini mulai semester tiga, alhamdulillah bisa membantu meringankan biaya kuliah dan kehidupan sehari-hari,” kata mahasiwa yang tercatat aktif sebagai aktifis PMII ini.

Bantuan ini adalah bantuan kesekian kalinya yang dia terima. Sebelumnya, bantuan modal usaha dia gunakan untuk membeli gerobak dorong menggantikan gerobak lamanya yang digunakan di sepedah untuk berkeliling.

Dia menuturkan, bantuan tersebut sangat berguna untuk pengembangan usahanya dan akan dia gunakan untuk tambahan modal usaha.

“Ini kali pertama saya mendapat bantuan lagi, saya ucapkan terimakasih kepada LAZISNU dan UPZIS Inaifas yang telah peduli pada pengusaha seperti Kami,” katanya.

Ke depan dia berangan-angan untuk mengembangkan usahanya, mempunyai tempat baru, segmen pasar yang lebih luas dan tentunya keuntungan yang lebih besar, ungkapnya.

Sementara Imam Syafi’i Ketua PC Lazisnu Kencong menyampaikan, kegiatan ini adalah salah satu program lembaganya untuk membantu pengembangan UMKM, selain bantuan sembako kepada masyarakat miskin.

“Ke depan ini kita akan menggencarkan program kerja berupa bantuan ekonomi produktif ini, dan banyak lagi macam bantuan ekonomi produktif yang akan dikaji lebih mendalam,” katanya kepada pewarta.

Untuk memaksimalkan program tersebut dia berharap kekompakan antar pengurus bisa ditingkatkan, sehingga nilai kemanfaatan dapat diterima oleh masyarakat, hususnya warga Nahdliyyin yang memiliki usaha dan mengangkat perekonomian.

Selain pengurus LAZISNU, hadir juga KH Zuhairus Zaman Ketua UPZIS Inaifas. Pada kesempatan ini Gus Zuhair yang juga dosen tersebut menyampaikan rasa bangganya. Menurutnya, Alex adalah contoh mahasiswa yang memiliki bakat bisnis, memiliki etos kerja yang baik disamping kegiatan kegiatan kuliah dah organisasinya.

“Semoga adanya bantuan, penerima manfaat ini dapat mengembangkan minat dan pendapatan ekonomi untuk kedepannya,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow me