PCNU Kencong

Referensi NU Kencong

Jelang Satu Abad NU, PCNU Kencong Minta Pergunu Tak Kalah dengan IPNU

2 min read
Dari Kiri, KH Zuhairuz Zaman, KH Samsul Hadi, Kiai Syaiful saat konsolidasi Guru Jelang Konfercab Pergunu Kencong
Konsolidasi guru menjelang Konfercab Pergunu Kencong di Aula PCNU Kencong

PCNU KENCONG.ID- Besarnya Sumber Daya Manusia (SDM) guru di Nahdlatul Ulama seharusnya dapat meningkatkan kemajuan Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PERGUNU) hususnya di cabang Kencong, dan tidak kalah dengan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU). 

Hal tersebut disampaikan oleh KH Zuhairuz Zaman, Katib Syuriah PCNU Kencong saat memimpin konsolidasi guru menjelang Konferensi  Cabang (Konfercab) Pergunu Kencong.

“Kalau ada anak didik kita itu bisa berperan di banom (IPNU/IPPNU), masak gurunya tidak ikut bersemarak”, ungkapnya saat memimpin acara konsolidasi. 

Dia juga berharap menjelang satu abad NU ketimpangan seperti ini tidak boleh terus berlanjut, sehingga tidak terjadi kekosongan di beberapa lini atau garis pengabdian di NU.

“Menyongsong satu abad NU di tahun 1926 nanti jagan sampai NU kosong di beberapa lini, tapi semua (harus) terisi”, pungkasnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Kiai Syaiful, sekretaris PCNU Kencong, pasalnya beberapa waktu terahir Pergunu di cabang Kencong belum bisa memaksimalkan perannya. Meskipun demikian dia mengapresiasi atas keberhasilan pengurus sebelumnya. 

Diantara keberhasilan tersebut lanjutnya, adalah dengan didapatkanya kuota beasiswa S2 dari Pimpinan Pusat (PP) Pergunu sampai tiga angkatan, dimulai dari tahun 2014  sampai 2016.

“Kami ucapkan terimakasih pada pengurus yang telah berhikmat di Pergunu kemarin,” ungkapnya. 

Dalam konsolidasi guru yang difasilitasi PCNU Kencong bertempat di Aula atas tersebut dihadiri alumni penerima manfaat beasiswa S2 Pergunu tiga angkatan, didampingi oleh Kiai Saiful, KH Zuhairuz Zaman dan KH Samsul Hadi Koordinator Bidang kebanoman.

Dalam acara yang berlangsung 2 jam tersebut menghasilkan kesepakatan, alumni penerima beasiswa S2 tersebut diminta turut membantu pembentukan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pergunu di tingkat Kecamatan. 

Sambil menunggu SK dari Pengurus Wilayah (PW) Pergunu Jawa Timur sebagian legal formal organisasi di tingkat Kecamatan, PCNU Kencong akan membantu dan memfasilitasi pembentukan panitia Konfercab Pergunu di Cabang Kencong. 

Sebagai informasi, PC Pergunu Kencong telah habis masa baktinya dan digantikan pengurus careteker dari PW Pergunu Jawa Timur Nomor 573/KEP/PP/06/2021 tertanggal 02 Juni 2021, sehingga saat ini kendali Pergunu Kencong di bawah komando karteker dari PW Pergunu Jawa Timur. 

Terkait dengan beberapa nama yang dikabarkan akan maju dicalonkon sebagai ketua Pergunu Kencong, Ali Muksin salah satu pengurus demisioner PC Pergunu menyambut baik. Menurutnya, jika ada nama yang muncul berarti ada kepedulian dari kader NU untuk turut menghidupkan organisasi berbasis profesi guru miliknya NU tersebut.

Namun menurutnya, calon ketua harus memenuhi kriteria, diantaranya harus guru, dosen atau ustadz yang nyata kiprahnya dalam dunia pendidikan. 

“Saya berharap (yang dicalonkan adalah) kader NU yang berpotensi, syarat mutlak harus guru, dosen atau ustadz,” ungkapnya kepada pewarta di sela acara. 

Disinggung dengan kesiapanya menjadi ketua, dia mengungkapkan, bahwa pertama, dia tidak pernah mencalonkan, kedua jika itu amanah untuk kemajuan NU dia tidak bisa menolak. 

“Kalau di NU jangan menoloak, namun secara pribadi saya tidak mencalonkan. Karena itu jabatan berat,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow me