PCNU Kencong

Referensi NU Kencong

Sambut Ramadhan, TPQ Ini Gelar Kirab Santri

2 min read
Kirab santri TPQ Ath Thohiriyah dan Al Ikhlas Desa Keting Kecamatan Jombang Kabupaten Jember

PCNUKENCONG.ID-Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) Ath Thohiriyah dan TPQ Al Ikhlas Desa Keting Kecamatan Jombang Kabupaten Jember menggelar acara kirab santri Minggu (11/04/2021) siang. 

Acara gabungan kedua TPQ di Keting tersebut dilaksanakan dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1442H.

Kirab santri ini dilepas oleh Hj. Musyarofah, S.Pd.I, pengasuh TPQ Ath Thohiriyah diikuti oleh 400 santri cilik dan dikawal oleh para pendidik kedua TPQ tersebut dengan berkeliling desa setempat.

Rute perjalanan sekitar satu kilometer menyesuaikan kemampuan berjalan para santri. Dimulai dari TPQ Ath Thohiriyah menuju TPQ Al Ikhlas melewati jalan kecil dan finish di TPQ Ath Thohiriah. 

Tidak hanya para santri, orang tua santri pun tak mau ketinggalan turut mengikuti kirab. Hal ini selain untuk memastikan putra dan putrinya tidak rewel di jalan, tetapi juga untuk memberi semangat sampai pada garis finish. 

Acara yang digelar setahun sekali ini merupakan acara yang ditunggu oleh para santri kedua TPQ tersebut. Selain itu, warga sekitar juga turut antusias melihat kelucuan generasi Qur’an tersebut saat mengikuti kegiatan. 

Memang tidak semudah mengatur orang dewasa, mengatur anak-anak butuh keterampilan dan ketelatenen husus, hal tersebut di sampaikan Rofiqoh, salah satu pengajar di TPQ At Thohiriyah. “Maka kesabaran adalah salah kuncinya,” tuturnya kepada pewarta di sela acara. 

Sementara Hj. Musyarofah pengasuh TPQ Ath Thohiriyah dalam sambutan sebelum melepas peserta kirab menyampaikan, dilaksanakanya acara tahunan ini dimaksudkan agar dapat menumbuhkan semangat kepada para santri untuk memulai belajar ibadah puasa. 

“Semoga dengan kirab santri ini, anak-anak akan tumbuh semangatnya untuk melaksanakan dan menunaikan kewajiban puasa di bulan suci Ramadhan,” tuturnya. 

Perlu diketahui, TPQ Ath Thohiriyah adalah lembaga pendidikan Quran yang didirikan dan diasuh oleh Hj. musyarofah, dan Al Ikhlas adalah lembaga yang dididirikan oleh almarhum H. Junaidi. Keduanya adalah pasangan suami istri yang merintis sejak sama-sama masih usia muda dan belum menikah. 

Saat ini, kedua lembaga terebut telah melahirkan ratusan generasi Qur’an, dan tumbuh menjadi lembaga besar dengan ratusan santri dari desa Keting dan sekitar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow me