PCNU Kencong

Referensi NU Kencong

Refleksi Pendidikan IPNU-IPPNU Jombang, Widia : Ruh Organisasi Tergantung Kaderisasi

2 min read
Pemateri Refleksi Pendidikan PAC IPNU-IPPNU Jombang
Sebagian peserta Refleksi Pendidikan PAC IPNU-IPPNU Jombang

PCNUKENCONG.ID-Ruh sebuah organisasi tergantung pada proses kaderisasi, sedangkan kaderisasi sendiri adalah proses mencetak kader generasi. Selanjutnya kader generasi harus memiliki ruh yang baik sesuai dengan tupoksi, hasilnya adalah kader yang militan dan loyal. Kader seperti inilah yang harus dirawat, dipelihara dan dijaga kenyamananya. 

Itulah yang disampaikan Widia Ning Tiyas MA saat mengisi acara Refleksi Pendidikan yang digelar Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Puteri Nahdlatul Ulama Jombang. 

Acara yang bertema “Ngangsu Kaweruh Membangun Ruh Organisasi IPNU-IPPNU” tersebut dilaksanakan di kediaman Widia Desa Padomasan, Jombang, Jember pada Selasa (30/03/21) siang. 

Kegiatan tersebut adalah acara rutinan PAC IPNU-IPPNU Jombang yang digelar secara bergilir melibatkan seluruh anggota dan pengurus dengan melibatkan alumni sebagai pemateri.

Pada agenda refleksi yang dilaksanakan untuk kedua kalinya ini dihadiri sedikitnya 30 orang pelajar yang terdiri dari pengurus PAC, Pengurus Komisariat (PK) IPNU-IPPNU MA Nurul Anwar dan kader.

Masih menurut Widia, tanggungjawab sebagai pengurus organisai itu besar, terutama dalam hal kaderisasi. Jika seorang pimpinan tidak bisa menciptakan kader-kader baru, maka bisa dikategorikan gagal. 

“Sehebat-hebatnya pemimpin jika tidak bisa mengkader maka tergolong gagal, karena kaderisasi adalah ruh nya organisasi,” tegasnya saat mengisi acara. 

Meskipun demikian dia paham betul bagaimana susahnya proses kaderisasi di tingkat ranting atau desa. Pasalnya ditataran tersebut tidak terstruktur seperti di sekolahan. 

Kaderisasi di sekolah lanjut Widia, lebih mudah dikoordinir karena bisa menggunakan kebijakan sekolah untuk membantu menyakinkaan siswanya. “Tinggal printer-pinter kita saja masuk dan loby ke lembaga tersebut,” ujar mantan sekretaris Cabang IPPNU Kencong periode 2012-2014 ini. 

Tentang kaderisasi di desa, wanita yang pernah memimpin Pengurus Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) IPPNU Staifas tersebut menyarankan agar pengurus melibatkan alumni setempat untuk membantu mengkoordinir anak-anak muda disekitar

Saya berharap, stelah acara ini, rekan dan rekanita PAC semakin termotivasi untuk semangat dalam kaderisasi, khususnya di ranting, karena se Jomgang hanya Ranting Sarimulyo yang baru aktif, yang lainya belum,”pungkasnya.

Nurul Hidayati Anggraini, Ketua PAC IPPNU Jombang kepada pewarta menyampaikan, pihaknya berharap dengan adanya acara tersebut dapat merekatkan komunikasi antara alumni dengan pengurus dan kader. Selain itu momentum berkumpulnya pengurus dan kader tersebut dapat menjadi pemantik militansi kader dan kecintaan pada organisasi. 

“Selain menambah ilmu, menambah pengalaman saya juga berharap bisa memantik kader yang yang aktif dan militan,” harapnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow me