PCNU Kencong

Referensi NU Kencong

Polres Jember dan LAZISNU Kencong Berikan Kaki Palsu dan Beasiswa untuk Santri Disabilitas

2 min read

Fawaidul Umam bersama rombongan Polres Jember, Ketua PCNU dan LAZISNU Kencong saat pemberian bantuan kaki palsu dan beasiswa.

Perwakilan Polres Jember, Ketua PCNU dan LAZISNU Kencong saat memberikan bantuan kaki palsu dan beasiswa kepada Fawaidul Umam

PCNUKENCONG.ID-Keceriaan nampak dari wajah Fawaidul Umam (12), santri Pondok Pesantren Darul Muqomah (Darqom) Gumukmas, Jember. Pasalnya dia baru saja mendapatkan bantuan kaki palsu dari Polres Jember dan beasiswa dari PC Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh (Lazisnu) Kencong.

Bantuan kaki palsu disampaikan oleh AKP. Yuliati, SH, Kasat Binmas Polres Jember, sedangkan beasiswa diberikan oleh  Imam Syafi’i ketua PC Lazisnu Kencong Jumat (19/03/2021) di rumah pengasuh Pondok Pesantren Darqom, Kiai Zainil Ghulam.

Selain nyantri di Pondok Pesantren Asuhan keta PCNU Kencong tersebut, Umam panggilan akrabnya, juga sedang mengenyam pendidikan dasar kelas lima di MI Al Huda Gumukmas, Jember.

Selama tujuh tahun, Umam putra dari pasangan Paidi dan Musilah tersebut terpaksa menjalani harinya dengan memakai egrang atau penyangga kaki untuk dapat berjalan dan beraktifitas. Meskipun sudah terbiasa namun ia tetap merasa beda dengan teman-teman lainya.

Saat ini, Umam tinggal bersama pamanya, Ahmad Khoiri di Desa Purwoasri, Gumukmas, Jember. Atas ketelatenan pamanya tersebutlah, Umam tetap semangat menjalani aktifitas belajarnya. Ahmad Khoiri sendiri, tercatat sebagai anggota Banser aktif di Cabang Kencong.

Semua berawal tujuh tahun lalu, santri kelahiran 23 Januari tersebut kaki kananya digigit ular sepulang sekolah, meskipun sempat dibawa ke klinik terdekat, namun kaki Umam tidak semakin membaik. Alhasil Umam harus di rujuk ke rumah sakit dan dokter memutuskan mengamputasi kaki Umam untuk mencegah pembusukan lebih jauh, cerita Kiai Zainil Ghulam di sela pemberian bantuan.

Sebelumnya, Gus Ghulam telah menyampaikan cerita tersebut pada Kapolres Jember, AKBP Arif Rachman Arifin saat berkunjung ke rumahnya, Ia pun berjanji untuk dapat membantu meringankan beban Umam, agar lebih leluasa dalam beraktifitas dan semangat dalam menempuh pendidikan sekolah dan pesantren.

Kepada rombongan Polres Jember, Gus Ghulam menyampaikan terimakasihnya atas realisasi program dari Polres Jember, pasalnya keluarga Umam tergolong dalam keluarga yang layak untuk mendapatkan bantuan.

“Kehadiran Polri melalui Polres Jember begitu nyata dan dapat dirasakan oleh semua orang, semoga institusi Polri semakin bermanfaat dan menjadi contoh bagi institusi negara yang lain,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Imam Syafi’i, ketua PC Lazisnu Kencong menjelaskan, bahwa beasiswa yang diberikan adalah salah satu program unguulan lembaganya. program tersebut diberinama Beasiswa Nusantara (Besantara) diperuntukan bagi siswa dan santri yang kurang mampu.

Ia berharap, beasiswa yang diberikan tersebut dapat sedikit meringankan beban siswa dan santri yang menjadi sasaran progam.

“Semoga Dik Umam dapat menjalankan aktifitas belajar dan nyantrinya dengan riang gembira,” ungkapnya kepada pewarta.

Saat ini, Umam merasa gembira, banyak orang-orang baik dan peduli di sekitarnya, turun menyaksikan dan merasakan kehadiran Polisi sebagai institusi negara yang juga memiliki kepedulian kepada kaum disabilitas seperti dirinya. Ia juga dapat merasakan kehadiran NU melalui Lazisnu yang berkiprah di bidang shodaqoh, infaq dan zakat.

“Terimakasih bapak Kapolres Jember dan Lazisnu, semoga bantuanya bermanfaat, semoga Allah yang balas,” tutur Umam dengan nada lirih dan haru sesaat setelah pemberian bantuan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow me