PCNU Kencong

Referensi NU Kencong

Begini Serunya Emak-Emak Muslimat Berlatih Dirigen

2 min read

Pelatihan Dirigen PR Muslimat NU Bagorejo, Gumukmas, Jember

Pelatihan dirigen PR Muslimat NU Bagorejo, Gumukmas, Jember

PCNUKENCONG.ID – Umumnya dirigen atau pemandu lagu dalam acara resmi dilakukan oleh anak-anak muda, alasanya yang muda dianggap masih lincah, lebih menarik dan percaya dirinya masih tinggi.

Tetapi hal tersebut sepertinya tidak berlaku untuk emak-emak Pimpinan Ranting (PR) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Bagorejo, Gumukmas, Jember. Dengan semangat tinggi pengurus ranting setempat menggelar pelatihan dirigen untuk anggota.

Hasilnya, sebanyak 50 orang anggota Badan Otonom (Banom) nya NU Bagorejo tersebut tercatat sebagai peserta pelatihan yang dilaksanakan di Gedung TK Dewi Masyitoh 14 desa setempat pada Selasa (16/03/21) pagi.

Muhammad Ridwan Khamid, Ketua Lembaga Seni dan Budaya Muslimin (Lesbumi) NU Cabang Kencong yang ditunjuk sebagai pelatih membenarkan, bahwa kemauan ibu-ibu Muslimat untuk tampil menjadi dirigen cukup tinggi. Bahkan tingkat percaya dirinya meningkat setelah mendapatkan pelatihan.

Namun menurut Ridwan, mengajar orang yang puluhan tahun lebih tua darinya itu penuh tantangan, membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Pasalnya dia harus menggunakan bahasa yang biasa digunakan peserta dan tempo penyampaian yang lebih lambat agar peserta lebih mudah faham, ungkapnya kepada pewarta.

Tantangan lainya, lanjut Ridwan, karena grogi lirik lagu yang dinyanyikan bisa nyasar ke lirik lagu lain.

“Lagu Mars Muslimat bisa nyasar jadi lagu Fatayat, penyebutan Syubbanul Wathan kepleset menajdi Jubbanul Wathan, kita minta untuk senyum malah tertawa, kita minta tidak boleh banyak gerak malah goyang goyang, dan gerakan tangan tidak sinkron dengan lagu nya,” ungkapnya sambil tertawa lepas.

Namun dia mengaku bangga dan senang diberi kesempatan melatih, meskipun banyak tantangan tetapi tidak mengurangi esensi dari materi yang diberikan.

“Terahir saat praktek, masing-masing peserta harus memperagakan menjadi dirigen sekaligus bernyanyi mars Muslimat NU dan Indonesia Raya,” pungkasnya.

Sementara Hj. Ririn, Ketua Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Kencong mengaku bangga atas terselenggaranya acara tersebut. Menurutnya ini tidak terlepas dari banyaknya kader penggerak di PR Muslimat Bagorejo.

”Biasanya kegiatan seperti ini diadakan oleh cabang atau anak cabang, namun hari ini saya melihat bahwa ternyata satu-satunya ranting mungkin se Indonesia yang mengadakan kegiatan pelatihan dirigen hanya ranting Muslimat NU yang ada di PAC Gumukmas dan di wilayah Cabang Kencong. Saya sangat bangga sekali,” ucapnya saat sambutan.

Sementara Siti Rafiah, Ketua PR Muslimat NU Bagorejo berkeinginan dengan diadakanaya pelatihan ini, ke depan pihaknya tidak sulit untuk mencari dirigen yang siap tampil dalam acara-acara resmi baik di internal Muslimat sendiri maupun acara lain di NU maupun pemerintahan.

“Jadi meskipun jam’iyah Muslimat itu sudah sepuh-sepuh tetapi berani tampil percaya diri di hadapan siapapun,” ungkapnya kepada pewarta.

Untuk memudahkan pelatihan, Ridwan Hamid didampingi oleh anggota Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Inaifas, Kencong, Jember untuk dapat berinteraksi lebih dekat dengan peserta. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow me